Jumat, 09 November 2018

Sambal Roa Pedasnya Bikin Nambah!

Sambal Roa, pastinya sudah akrab di telinga kita semua. Sambal ini khas Manado dan sudah dikenal di seluruh penjuru nusantara hingga mancanegara.
ikan roaIkan Roa yang dijual di supermarket di Manado
Ikan Roa tak sulit ditemukan di Manado. Dengan mudah kita bisa dapatkan di supermarket maupun pasar tradisional. Untuk harga di supermarket seperti foto di atas, harga satu pack bervariasi mulai Rp. 18.000,- tergantung berapa banyak isinya. Beda lagi di pasar tradisional, satu layar (istilah untuk satu pack dalam bentuk dijejerin di kayu) harganya Rp. 25.000,- isinya lumayan banyak (saya belum hitung kemarin hehehe). Biasanya ikan roa diolah untuk dibikin abon dan sambal.
Asal Usul Ikan Roa
Ikan Roa (Garfish), Banyak juga yang menyebut ikan roa adalah ikan cucut (swordfish) atau ikan terbang (flyingfish), atau ikan julung-julung dan berbagai nama sebutan lainnya. Mungkin karena dilihat dari bentuknya yang hampir sama lebih dikenal berasal dari daerah Sulawesi Utara dan sekitarnya (ada juga yang bilang dari Ternate, Gorontalo & Irian. Intinya banyak berasal dari perairan timur Indonesia ). Bentuk tubuhnya unik dan indah, di bagian mulutnya memiliki bentuk seperti paruh yang panjang dengan permukaan yang halus mengkilap berwarna perak dan hitam.*
Proses Ikan Roa Sebelum Dikonsumsi
Umumnya ikan roa dipasarkan sudah diawetkan terlebih dahulu yaitu dengan cara pengasapan. Cara pengawetan ini untuk mengurangi kadar air tanpa menghilangkan nilai gizinya sehingga ikan dapat tahan lebih lama atau daya awetnya lebih panjang.
Dari beberapa perlakuan yang diberikan, menyatakan lama perebusan 8 menit dengan lama pengasapan 12 jam adalah yang paling disukai. Diharapkan dalam penelitian lanjutan untuk mengamati kandungan fenol dan daya simpan dari produk ikan roa asap tersebut.
Pengasapan adalah salah satu cara pengolahan dan pengawetan ikan. Beberapa jenis produk ikan yang telah dihasilkan melalui proses pengasapan salah satunya adalah ikan roa asap. Lama waktu pengasapan yang diperlukan untuk menghasilkan prosuk ini adalah lebih dari 18 jam dengan keadaan tekstur (nilai konsistensi ) yang keras. Tekstur yang keras menandakan bahwa suatu produk memiliki kandungan air yang rendah. dari kondisi inilah maka diperkenalkan ikan roa asap yang mudah dikunyah dan dinikmati oleh konsumen. Cara yang dilakukan untuk memenuhi tujuan tersebut adalah waktu pengasapan yang dikurangi dengan lama 6 jam, 12 jam dan 18 jam. Sebelum pengasapan, dilakukan pula perebusan dengan waktu 4 menit, 8 menit dan 12 menit. Perebusan dilakukan untuk mendapatkan daging yang padat dengan daya awet yang lebih panjang. Bukan hanya produk yang mudah dikunyah dan dinikmati, kandungan gizi juga harus dipertimbangkan. Salah satu kandungan gizi yang dipertimbangkan adalah protein miofibril. Protein miofibril adalah protein yang tidak larut dalam air, sehingga proses perebusan mempengaruhi kandungan protein miofibril. Dikatakan produk berarti menyatakan bahwa terdapat hubungan dengan penerimaan konsumen terhadap produk tersebut. *
Sambal Ikan Roa
Cara pembuatan sambal ikan roa sama seperti sambal pada umumnya. Hanya saja, saya lebih suka jika bahannya digoreng terlebih dahulu. Rasanya beda, menurut saya.
IMG_1637
Jangan kaget lihat cabai yang banyak. Namanya orang Manado, rasanya gak afdol jika sambal itu tidak pedas! Hehehe
Bahan :
– 4 potong ikan roa
– 14 cabai rawit
– 15 cabai merah
– 1 tomat
– 9 bawang merah
– Minyak hasil gorengan
– Garam
– Gula
Cara pembuatan :
1. Goreng terlebih dahulu ikan roa yang sudah dibersihkan (kulitnya saya lepas).
2. Ikan digoreng hingga merah, hati-hati jangan sampai hangus atau merah banget. Ikan yang sudah digoreng, ditumbuh hingga halus.
3. Goreng cabai, tomat dan bawang.
4. Haluskan cabai dll, diulek bisa, saya pakai coper.
5. Campur ikan roa halus dengan bumbu yang sudah dihalusin.
6. Tambahkan minyak hasil gorengan tadi dengan garam, gula sesuai selera.
Sambal Ikan RoaBiasanya, kami menikmati sambal ini sebagai padanan bubur Manado, pisang goreng, pisang rebus, tak jarang kami makan dengan nasi hangat dan sayur.
Sambal ikan roa sekarang ini sudah banyak dibikin dalam bentuk kemasan. Harganya yang sempat saya lihat kemarin di supermarket sekitaran Rp. 50.000,-. Untuk abon ikan roa, salah satu teman saya memasarkannya di harga Rp. 150.000,- untuk ukuran besar tanpa MSG. Abon ikan roa temen saya ini sudah terkenal hingga ke luar negeri.
Ikan roa ini hanya ditemukan di beberapa kota Indonesia timur saja, maka tak heran saya selalu rindu makan sambal ini karena di Jawa tidak ada.

* Sumber : sambalikanroa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar